AINUN NISA (2023) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Pendekatan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP 4 SMK Negeri 2 Palu Pada Materi Matriks. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Ainun Nisa. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan
Pendekatan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP 4
SMK Negeri 2 Palu Pada Materi Matriks. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Mustamin Idris, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang Penerapan model
pembelajaran berbasis masalah menggunakan pendekatan tutor sebaya untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI OTKP 4 SMK Negeri 2 Palu pada materi
Matriks. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI OTKP 4 SMK Negeri 2 Palu yang
berjumlah 34 orang siswa dan dipilih enam orang siswa yang bertugas menjadi Tutor
serta dipilih tiga orang siswa sebagai informan dan dibentuk 6 kelompok belajar yang
heterogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa
pada materi matriks dikelas XI OTKP 4 SMK Negeri 2 Palu dengan mengikuti tahaptahap pembelajaran berbasis masalah yaitu: 1) Orientasi siswa pada masalah, pada tahap
ini guru mengajukan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sesuai
dengan materi, 2) Mengorganisasi siswa untuk belajar, pada tahap ini siswa bergabung
pada kelompok masing-masing dan setiap kelompok memiliki seorang Tutor serta pada
tahap ini guru menjelaskan tanggung jawab siswa dalam kelompok dan tanggung jawab
Tutor dalam kelompok, 3) Membimbing pengalaman individual/kelompok, pada tahap
ini Tutor membantu teman-teman kelompoknya namun tetap dalam pengawasan guru, 4)
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, pada tahap ini guru memilih secara acak
siswa yang akan mempresentasikan hasil jawaban kelompoknya dan mempersilahkan
kepada seluruh siswa untuk bertanya dan menanggapi hasil presentasi kelompok lain, 5)
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, pada tahap ini guru
membantu siswa menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yang telah
mereka kerjakan dan siswa bersama tutor sebaya menyusun kembali hasil pemikiran dan
kegiatan yang telah mereka kerjakan. Peningkatan hasil belajar siswa telah memenuhi
indikator keberhasilan tindakan penelitian pada siklus I dan siklus II, diperoleh dari tes
akhir tindakan siklus I dan siklus II serta wawancara pada informan. Selain itu, data hasil
observasi aktifitas guru dalam mengelolah pembelajaran dan aktifitas siswa dalam
mengikuti pembelajaran yang dapat dilihat dari lembar hasil observasi meningkat menjadi
sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas XI OTKP 4 SMK Negeri 2 Palu pada materi Matriks.
Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Pendekatan Tutor
Sebaya; Hasil Belajar; Matriks
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123279 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |