PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS VII A SMP NEGERI 16 PALU

MAYA SAFITA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS VII A SMP NEGERI 16 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maya, Safita. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan di
kelas VIIA SMP Negeri 16 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika,
Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Pathuddin dan
pembimbing (2) Muh. Rizal.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang Penerapan Model
Pembelajaran Berbasis masalah (PBM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
dalam menyelesaikan Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di
Kelas VII SMP Negeri 16 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu
pada model Kemmis dan Mc taggart pada setiap siklus yang dilaksanakan terdiri
atas empat komponen yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)
observasi, dan (4) refleksi. Pada penelitian yang telah dilaksanakan,
diperolehbahwa hasil belajar siswa kelas VII ASMP Negeri 16 Palu mengalami
peningkatan yang ditunjukkan dari presentase ketuntasan belajar klasikal pada
siklus I sebesar sedangkan persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus
II sebesar . Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran model
Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII
A SMP Negeri 16 Palu pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan,
dengan tahapannya yaitu: (1) orientasi siswa pada masalah, (2)
mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) membantu penyeledikan individual
maupun kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5)
menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Kata Kunci:Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Penjumlahan dan
Pengurangan Pecahan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123280
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item