INAYATUL MARHAMAH (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS IV SDN 7 RIO PAKAVA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Inayatul Marhamah, 2020. “Penerapan Model Model Pemelajaran Contextual Teaching and
Learningi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Persegi dan Persegi
panjang Di Kelas IV SDN 7 Rio Pakavaâ€. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing Hj. Akina.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas
persegi dan persegi panjang di kelas IV SDN 7 Rio Pakava tahun ajaran 2020/2021. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model yang digunakan adalah model
Kemmis & Mc. Tagaart terdapat empat komponen yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan
Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi
guru, lembar observasi siswa dan lembar tes hasil belajar. Sujek penelitian ini adalah siswa
kelas IV SDN 7 Rio Pakava. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus
dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I seberas
75% meningkat pada siklus II ketuntasan belajar klasikal menjadi 100%. Hasil observasi
siklus I menunjukan bahwa aktivitas guru digolongkan pada kriteria baik dan aktivitas guru
pada siklus II meningkat digolongkan pada kriteria sangat baik dan Hasil observasi siswa
siklus I menunjukan kriteria baik dengan dan aktivitas siswa pada siklus II meningkat
digolongkan pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
dengan menerapkan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi luas persegi dan persegi panjang di kelas IV SDN 7 Rio Pakava.
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Luas
Persegi dan Persegi panjang
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123287 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |