Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 15 Wara

ZIQWA'NAH (2024) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 15 Wara. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ziqwa’nah, (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Bebantuan Media Audiovisual untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 15 Wara. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nurul Fitriah Aras, S.Pd.,M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu siswa masih kesulitan dalam pembelajaran IPA, sehingga hasil belajar siswa belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan di SD Inpres 15 Wara masih menggunakan metode ceramah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan media audiovisual pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SD Inpres 15 Wara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Inpres 15 Wara yang berjumlah 17 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi siswa, lembar observasi guru, tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru Siklus I sebesar 62,4% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 93,6%. Hasil aktivitas siswa siklus I sebesar 60,76% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu hasil aktivitas siswa Siklus II 92,30%. Kemudian Hasil analisis data yang diperoleh dari tes awal terdapat ketuntasan belajar klasikal sebesar 29,41%, Siklus I diperoleh hasil belajar ketuntasan belajar klasikal sebesar 70,58% mengalami peningkatan pada Siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 94,11%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV materi Perubahan Wujud Benda di SD Inpres 15 Wara.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA, Media Audiovisual, Siswa SD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123320
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item