PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 WOSU

KHAIRUNNISA A ISMAIL (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 WOSU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Khairunnisa A. Ismail (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 2
Wosu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal.
Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
Kelas V SDN 2 Wosu pada mata pelajaran IPS, oleh karenanya penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS
melalui metode Inkuiri di Kelas V SDN 2 Wosu. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Berdasarkan hasil
observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Inkuiri dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas Kelas V SDN 2 Wosu. Hal ini
ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I Hasil belajar
siswa pada siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 63?n daya serap
klasikal 64,21?n hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan
dengan ketuntasan klasikal mencapai 100?n daya serap klasikal mencapai
88,42%.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Inkuiri, IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123329
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item