NINGSIAYU (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Ningsiayu, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Dampal Utara, Program Studi Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Gazali
Lembah, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara (1) observasi, dan (2) dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan dengan cara (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan model
pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas X MIA 2,
SMA Negeri 1 Dampal Utara tergolong berhasil menerapkan model pembelajaran
kooperatif pada materi teks biografi dan dapat dibuktikan kesesuaian hasil
penelitian dengan teori yang digunakan.
Kata Kunci : Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia.
Ningsiayu, 2022. Application of the Cooperative Learning Model in Indonesian
Language Subjects at SMA Negeri 1 Dampal Utara, Indonesian Language and
Literature Education Study Program, Department of Language and Arts, Faculty
of Teacher Training and Education, Tadulako University. Advisor Dr. H.
GazaliLembah, M.Pd.
The problem in this research is how to apply the Cooperative Learning Model to
Indonesian Language Learning. The purpose of this study is to describe the
Application of the Cooperative Learning Model in Indonesian Language
Learning. Data collection techniques are carried out by (1) observation, and (2)
documentation. Data analysis techniques were carried out by (1) data reduction,
(2) data presentation, and (3) drawing conclusions. The results of this study
indicate that in applying the cooperative learning model to the Indonesian
language subject in class X MIA 2, SMA Negeri 1 Dampal Utara is classified as
successful in applying the cooperative learning model to biographical text
material and it can be proven that the results of the research are compatible with
the theory used.
Keywords: Application, Cooperative Learning Model in Indonesian Subjects.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123341 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |