PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS V SDN SALUNGGADUE

ASDAR (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS V SDN SALUNGGADUE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Asdar. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SDN Salunggadue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Arif Firmansyah, S.Pd.,M.Pd.,
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together kelas V SDN Salunggadue. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a)Perencanaan, (b)Pelaksanaan, (c)Observasi, (d)Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Salunggadue yang berjumlah 25 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Hasil Penelitian Siklus I menunjukkan presentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 48,8% serta presentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 36%. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 74,6% serta presentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 72%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada DSK sebesar 25,8?ri siklus I sebesar 48,8?n siklus II sebesar 74,6%. Begitu juga dengan KBK terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 36?ri siklus I sebesar 36?n siklus II sebesar 72%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Salunggadue pada mata pelajaran PKn.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar, Mata Pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123345
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item