ANDRIAWAN (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Video Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 2 Gimpu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Andriawan, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berban
tuan Media Video Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V
SDN 2 Gimpu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan
Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Asriani.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus
dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan, (c) Pengamatan/observasi,
(d) Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya
pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD berbantuan media video animasi. Penelitian ini bertujuan
untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Gimpu. Subjek
penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Gimpu yang berjumlah 12 orang. Data
dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil
tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan presentase daya serap klasikal
siswa sebesar 71,4% serta presentase ketuntasan klasikal sebesar 75%. Sedangkan
pada siklus II diperoleh presentase daya serap klasikal siswa sebesar 80,8% serta
presentase ketuntasan klasikal sebesar 91%. Berdasarkan presentase ketuntasan
hasil belajar siklus I dan II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu
pada daya serap klasikal terjadi peningkatan sebesar 9,4?ri siklus I sebesar
71,4?n siklus II sebesar 80,8%. Begitu juga pada ketuntasan klasikal terjadi
peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 16?ri siklus I sebesar 75?n siklus
II sebesar 91%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media video
animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Gimpu pada
pembelajaran IPA.
Kata kunci ; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar,
Pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123346 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |