PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE DAN NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN 2 TALISE

WAHYUNI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE DAN NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN 2 TALISE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Wahyuni (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example dan Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN 2 Talise. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Iskandar, Pembimbing (II) Arif Firmansyah.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SDN 2 Talise melalui model pembelajaran kooperatif tipe example dan non example. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas V SDN 2 Talise. Subyek penelitian melibatkan 20 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan hasil tes pra tindakan dengan presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 40,0?n daya serap klasikal 61,5%. Siklus I dengan perolehan presentase ketuntasan klasikal 65,0?n daya serap klasikal 69,0%, meningkat pada siklus II dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 90,0?n daya serap klasikal 79,5%. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama mencapai 62,5?n pertemuan kedua 72,22?ngan kriteria cukup, pada siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan pertama 84,72?n pertemuan kedua mencapai 93,05?ngan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama 61,11?n pertemuan kedua 70,83?ngan kriteria cukup, pada siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan pertama mencapai 81,94?n pertemuan kedua 91,66?ngan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe example dan non example dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SDN 2 Talise.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example dan Non
Example, Hasil Belajar IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123356
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item