JULIANA (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Inti Lombok Desa Lombok Desa Kec. Tinombo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Juliana. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match
Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SDN Inti
Lombok Desa Lombok Kecamatan Tinombo. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua
siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencenaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c)
Observasi, (d) Refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk (a) meningkatkan hasil
belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A
Match, (b) meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajalaran IPS
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, (c)
meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPS dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Subjek
penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Inti Lombok yang berjumlah 20
orang siswa , terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Data
dikumpulkan melalui sumber observasi guru dan siswa serta hasil tindakan. Hasil
penelitian ini menunjukan presentase keterampilan guru pada siklus I pertemuan 1
50?ngan kategori cukup baik dan pada pertemuan 2 66,6?ngan kategori
cukup baik dan skor keterampilan guru pada siklus II pertemuan 1 83,3?ngan
kategori sangat baik dan pada pertemuan 2 91,6?ngan kategori sangat baik.
Hasil skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 41,6?ngan kategori sangat
kurang dan pada pertemuan 2 50?ngan kategori cukup baik dan skor aktivitas
siswa pada siklus II pada pertemuan 1 75?ngan kategori baik dan pada
pertemuan 2 91,6?ngan kategori sangat baik. Hasil tindakan pada peneitian
ini menunjukkan presentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 73% serta
presentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 65%. Sedangkan pada
siklus II diperoleh presentase Daya Serap Klasikal (DSK) sebesar 86,1% serta
presentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) 90%. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, siswa, dan
hasil belajar sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran IPS
pada siswa kelas IV SDN Inti Lombok.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Kualitas
Pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123375 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |