PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI SALUNGGALUKU

NASMA (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI SALUNGGALUKU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nasma, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head
Together (NHT) Pada Materi Sifat-sifat Bangun Ruang untuk meningkatkan hasil
belajar siswa dikelas V SD Negeri Salnggaluku. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako Palu. Pembimbing Hj. Akina.
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas
V SD Negeri Salunggaluku terhadap materi sifat-sifat bangun ruang. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri
Salunggaluku. Subyek penelitian melibatkan 22 siswa yang terdaftar pada tahun
ajaran 2019/2020.Model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dikaji dalam
penelitian ini terdiri dari tujuh face, yaitu: (1) Menyampaikan tujuan dan
memotivasi siswa, (2) Menyampaikan informasi, (3) Penomoran, fase (4)
Mengajukan pertanyaan, (5) Berfikir bersama, (6) Evaluasi, (7) Menyimpulkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) mengacu pada desain
kemmis dan Mc. Tanggart dengan menerapkan 4 komponen yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2
siklus namun karena adanya pandemi covid 19 sehingga penelitian ini
dilaksanakan hanya satu siklus. Hasil pelaksanaan tindakan siklus 1 diperoleh
ketuntasan belajar klasikal sebesar 81,81?ngan nilai rata-rata 82,31% serta
hasil observasi aktivitas guru pertemuan pertama mencapai skor perolehan sebesar
83 meningkat pada pertemuan kedua sebesar 87 dengan kategori sangat baik.
Sementara hasil observasi aktivitas siswa pertemuan pertama yang diperoleh
adalah 82 meningkat pada pertemuan kedua sebesar 86 dengan kategori sangat
baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SD Negeri Salunggaluku

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123379
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item