MUNIFA (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Perkalian Cara Susun Di Kelas IV SD Inpres Tosonde. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Munifa, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together
(NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perkalian Cara Susun di Kelas
IV SD Inpres Tosonde. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan
Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Akina.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran matematika materi perkalian cara susun pada siswa kelas IV SD Inpres
Tosonde. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Rencana
penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh
Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus meliputi beberapa tahap
yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Tosonde, tahun ajaran 2021/2022 dan subjek
pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Tosonde yang berjumlah 20 orang
siswa, penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif berupa angka dan
data kualitatif berupa data. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil
belajar siswa yang diambil dari pemberian tes awal dan tes akhir siklus, kemampuan
guru dalam pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan
aktivitas siswa yang diambil dari lembar observasi kegiatan siswa. Hasil penelitian
menunjukkan nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 65 dengan ketuntasan belajar
klasikal mencapai 56,25?n pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa mencapai
85 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 81, 25%. Hal ini menunjukkan bahwa
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT hasil belajar siswa dapat
meningkat.
Kata kunci: kooperatif tipe NHT, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123381 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |