PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 12 PALU

NI WAYAN KUSRIATI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 12 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan di kelas VIII A di SMP Negeri 12 Palu, dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan model Number Head Together suasana belajar dalam kelas tidak membosankan, sehingga siswa termotivasi dan berpengaruh terhadap hasil belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas VIII A yang terdaftar pada ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pratindakan ketuntasan belajar mencapai 35%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal 60?n daya serap klasikal 68,25%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 85?n daya serap klasikal 82,25%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan siklus II, disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A di SMP Negeri 12 Palu pada pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123385
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item