ASNIDAR (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu Pada Materi Operasi Himpunan. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Asnidar, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu pada Materi
Operasi Himpunan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Sutji Rochaminah,
Pembimbing (2) Baharuddin Paloloang
Fokus masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu khusunya pada materi operasi himpunan. Selain
itu, faktor kesiapan, minat dan motivasi siswa dalam belajar dianggap cukup
berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga dalam
penelitian ini, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT
untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu pada
materi operasi himpunan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil
belajar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu pada materi operasi himpunan?.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK)
yang mengacu pada desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart dengan
tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas
VIIB SMP Negeri 19 Palu pada materi Operasi Himpunan. Data yang diperoleh
dalam penelitian ini disajikan secara kualitatif dan dianalisis secara kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu
terdapat peningkatan yang signifikan terhadap tes hasil belajar siswa dari tes awal
ke tindakan siklus I dan ke tindakan siklus II. Hal ini didukung oleh persentase
hasil belajar siswa berdasarkan hasil tes yang dilakukan sebelum pelaksanaan
tindakan hanya 33,3% siswa yang tuntas belajar, setelah pelaksanaan tindakan
siklus I meningkat menjadi 68?n 87% pada siklus II, sehingga disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkatkan hasil
belajar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu pada materi operasi himpunan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Hasil Belajar, Operasi Himpunan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123386 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |