Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Di Kelas VIII WS Rendra SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu

AURELIUS GEDE AGUS W (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Di Kelas VIII WS Rendra SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aurelius Gede Agus Warsita. 2019. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peluang di kelas VIII Ws Rendra SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidkan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Abd Hamid, (II) Sudarman.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peluang di kelas VIII WS Rendra SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siswa yang dapat menyelesaikan permasalahan mengenai peluang empirik dengan tepat pada siklus I sebanyak 9 siswa, dan siswa yang dapat menyelesaikan permasalahan mengenai peluang teoritik dengan tepat pada siklus II sebanyak 15 siswa. Hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa pada siklus I belum memenuhi kriteria keberhasilan tindakan karena masih ada 4 aspek yang belum berada pada kategori baik atau sangat baik dan mengalami peningkatan pada siklus II karena semua aspek sudah berada pada kategori baik atau sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas VIII WS Rendra SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu pada materi peluang dengan menerapkan tahap-tahap: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyajikan informasi, 3) penomoran, 4) pengajuan pertanyaan, 5) berpikir bersama, 6) pemberian jawaban, 7) pemberian penghargaan.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together; Hasil Belajar; Peluang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123396
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item