PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA STATIS PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 TINOMBO SELATAN

NANI TENDRIANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA STATIS PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 TINOMBO SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fluida statis
pada siswa kelas XI SMAN 1 Tinombo Selatan tahun ajaran 2021/2022 melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan simulasi PhET.
Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan equivalen prestest-posttest.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Tinombo Selatan.
Teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan sampel penelitian kelas
XI IPA 1 (n=18) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 (n=18) sebagai kelas
kontrol. Hasil pengelolahan data diperoleh rerata skor posstest kelas eksperimen
sebesar 20,28 dan kelas kontrol 17,27. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik
uji-t dua pihak bahwa thitung > ttabel = 2,04>3,21 pada taraf nyata = 0,05. Dengan
demikian nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0 sehingga H1 diterima. Hasil
analisis data bahwa ada peningkatan pemahaman konsep fluida statis pada siswa
kelas XI SMAN 1 Tinombo Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123409
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item