MIRNAWATI (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs POLITANI MACCIRINNAE TIKKE PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Mirnawati. 2021. “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted
Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas
VII MTs Politani Maccirinnae Tikke pada materi operasi bentuk aljabar. Hasil
Penelitian Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Mustamin Idris, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang penerapan model
pembelajaran koopertaif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Politani Maccirinnae
Tikke pada materi operasi bentuk aljabar. Rancangan penelitian mengacu pada
desain Arikunto, yang terdiri dari 4 komponen yaitu: (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan
berupa data aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil wawancara,
dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang berjumlah
30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi operasi bentuk aljabar di kelas VII MTs Politani Maccirinnae Tikke
dengan mengikuti fase-fase pembelajaran kooperatif, yaitu: 1) menyampaikan
tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyajikan informasi, 3) mengorganisasikan
siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, 4) membimbing kelompok bekerja
dan belajar, 5) evaluasi, dan 6) memberikan penghargaan. Dikombinasikan
dengan 8 komponen mekanisme pembelajaran kooperatif tipe TAI yaitu: 1)
placement test, 2) teams, 3) teaching group, 4) student creative, 5) team study, 6)
whole class unit, 7) fact test, dan 8) team score and team recognition.
Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori baik
dengan total skor 37 dan hasil observasi aktivitas siswa berada pada kategori baik
dengan total skor dan 36. Mengalami peningkatan pada siklus II berada pada
kategori sangat baik, hasil observasi aktivitas guru dengan total skor 45 dan hasil
observasi aktivitas siswa dengan total skor 45. Hasil belajar siswa pada materi
operasi bentuk aljabar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
TAI mengalami peningkatan setiap siklusnya dengan presentase ketuntasan
klasikal siswa pada siklus I sebesar 57,14% meningkat menjadi 80,76% pada
siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas
VII MTs Politani Maccirinnae Tikke pada materi operasi bentuk aljabar.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Tipe TAI, Operasi bentuk aljabar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123438 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |