Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ampibabo

ANITA NURFIKASARI (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ampibabo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anita Nurfikasari. 2021. “ Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Team Assisted Individualization(TAI)untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi turunan fungsi aljabar di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ampibabo. Hasil
Penelitian Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Ibnu Hadjar, M.Si.

Tujuan penelitian ini adalahmemperoleh deskripsi tentang penerapan
model pembelajaran kooperatiftipe Team Assisted Individualization (TAI)untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI
IPA SMA Negeri Ampibabo.Rancangan penelitian mengacu pada desain
Arikunto, yang terdiri dari 4 komponen yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan
(3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas guru
dan siswa melalui lembar observasi, hasil wawancara, dan catatan lapangan.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang berjumlah 34 siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar di
kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ampibabodengan mengikuti fase-fase pembelajaran
kooperatif tipe TAI, yaitu: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2)
menyajikan informasi, 3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok
belajar, 4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, 5) evaluasi, dan 6)
Memberikan penghargaan. Serta dikombinasikan dengan delapan komponen
model kooperatif tipe TAI, yaitu: 1) placement test, 2) teams, 3) teaching group,
4) student creative, 5) team study, 6) whole-class units, 7) fact test, dan 8) team
score and team recognition.Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran siklus
I, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik dengan total skor 40 dan
aktivitas siswa berada pada kategori baik dengan total skor 38, Sedangkan hasil
observasi pada pembelajaran siklus II, aktivitas guru dan siswa berada pada
kategori sangat baik dengan total skor 45 dan 46. Hasil belajar siswa pada materi
turunan fungsi aljabardengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
TAImengalami peningkatan dari pembelajaran siklus I ke pembelajaran siklus II,
terlihat dari persentase ketuntasan klasikal belajarsiswa pada siklus I adalah
76,47?n pada siklus II meningkati menjadi 88,24%. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunn fungsi aljabar di kelas XI
IPA SMA Negeri 1 Ampibabo

Kata Kunci: model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI;hasil belajar; turunan
fungsi aljabar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123453
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item