PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REFLEKSI KELAS XI OTKP 4 SMK NEGERI 2 PALU

HAMSIANA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REFLEKSI KELAS XI OTKP 4 SMK NEGERI 2 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hamsiana. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Refleksi Kelas XI OTKP 4 SMK Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Tadulako, pembimbing: Drs. Muh. Hasbi, M.Pd.

penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi refleksi kelas XI OTKP 4 SMK Negeri 2 Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi serta (3) refleksi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Ananlisis data yang digunakan mengacu pada Paizaluddin dan Ermalinda (2013) yang mengatakan bahwa analisis data yang diperoleh dalam penelitian Tindakan kelas, secara umum dianalisis melalui deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah meliputi observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada siswa kelas XI OTKP 4 SMKN 2 PALU. Hal ini dapat dilihat setelah menerapkan model pembelajaran think pair share (TPS), pada siklus pertama hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan hanya 51,85%. Kemudian pada siklus kedua hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan yaitu 76,67%. sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi refleksi kelas XI OTKP 4 SMK Negeri 2 Palu.

kata kunci: pembelajaran kooperatif, hasil belajar, think pair share, refleksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123474
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item