PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAHODOPI

MARWINA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAHODOPI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Marwina, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Tata Nama Senyawa Kelas X SMA Negeri 1 Bahodopi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Sitti Aminah.
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Tata Nama Senyawa Kelas X di SMA Negeri 1 Bahodopi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan one group pretest- posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Bahodopi yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas X MIA 1, MIA 2, dan X MIA 3 dengan jumlah siswa 91 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIA 3 sebanyak 30 orang sebagai kelas experimen 1 dan siswa kelas X MIA 1 sebanyak 30 orang sebagai kelas experimen 2. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar. Pada kelas eksperimen 1 nilai hasil belajar siswa sebesar 75,83, sedangkan kelas eksperimen 2 sebesar 76,83. Data hasil penelitian yang di peroleh dari kedua kelas dianalisis dengan uji N-Gain, yang di gunakan untuk menentukan peningkatan hasil belajar siswa. Data dari uji N-Gain diperoleh pada kelas eksperimen 1 yaitu rata-rata 0,62 dan kelas eksperimen 2 yaitu rata-rata 0,63. Hasil data dari uji N-Gain di peroleh g = nilai 0,30 ? (<g>) &lt; 0,70 masuk dalam kategori sedang, yang menunjukkan adanya perubahan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatife tipe Think Pair Share (TPS).
Kata Kunci : Think Pair Share, Tata Nama Senyawa, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123506
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item