SITI SASMITA (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Karuna Dipa. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Siti Sasmita. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Karuna Dipa. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Tadulako.
Pembimbing Misnah
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperative tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMA Karuna Dipa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa menjadi lebih aktif dan lebih mampu bekerja sama dengan teman satu kelas, keaktifan belajar, kemampuan belajar, dan tanggung jawab belajar sejarah siswa meningkat, siswa juga dapat membangun kerja tim, kepemimpinan dan keterampilan sosial.
Kata Kunci: Penerapan, Model Pembelajaran Kooperative Tipe (STAD), Keaktifan belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123507 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |