Penerapan Model Pembelajaran PBL Dengan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Pecahan Siswa SMP Negeri 1 Bambalamotu

SINTA WAHLAN (2023) Penerapan Model Pembelajaran PBL Dengan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Pecahan Siswa SMP Negeri 1 Bambalamotu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sinta Wahlan. 2023. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil
belajar materi operasi pecahan siswa SMP Negeri 1 Bambalamotu. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing Dr. Muh. Rizal, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model
PBL dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil
belajar materi operasi pecahan siswa SMP Negeri 1 Bambalamotu. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah
siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 bambalamotu dengan jumlah 27 orang dan dipilih
3 siswa sebagai informan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali
pertemuan pada tiap siklus yang mengikuti langkah-langkah pembelajran PBL
dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada fase mengorganisasikan siswa
untuk belajar dan fase membimbing penyelidikan secara individual maupun
kelompok. Pada fase mengorganisasikan siswa untuk belajar guru
mengelompokkan siswa berdasarkan pemetaan akademik yaitu (1) kelompok
numerasi cakap, siswa numerasi cakap diberikan bahan ajar yang sederhana, (2)
kelompok numerasi dasar, siswa numerasi dasar diberikan bahan ajar yang lebih
menekankan pada penjumlahan pecahan tak senama dan (3) kelompok perlu
intervensi khusus, siswa diberikan bahan ajar yang menekankan pada
penjumlahan pecahan tak senama maupun senama. Sedangkan pada fase
membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, guru membimbing tiap
kelompok dengan perlakuan yang berbeda-beda yaitu (1) kelompok numerasi
cakap, guru memberikan kebebasan untuk mencari informasi secara mandiri
karena dianggap telah mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan tanpa
bimbingan dari guru, (2) kelompok numerasi dasar, tidak membutuhkan
bimbingan dari guru karena cukup mampu dalam memahami bahan ajar yang
diberikan dan (3) kelompok perlu intervensi khusus, guru membimbing langsung
untuk mengarahkan siswa perlu intervensi khusus dalam mencari informasi. Pada
siklus I banyaknya siswa yang tuntas yakni 14 siswa dengan presentase
ketuntasan 51,85?n pada siklus II banyak siswa yang tuntas yakni 21 siswa
dengan presentase ketuntasan 77,77%. Hasil observasi aktivitas guru berada pada
kategori baik dengan nilai siklus I sebesar 84?n mengalami peningkatan pada
siklus II yakni 88%. Hasil obsservasi pada siklus I siswa numerasi cakap
diperoleh nilai yakni 83%, siswa numerasi dasar yakni 80?n siswa perlu
intervensi khusu yakni 72% pada siklus II mengalami peningkatan yakni siswa
numerasi cakap memperoleh 92%, siswa numerasi dasar 88?n siswa perlu
intervensi khusus 80%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan
bahwa penerapan model PBL dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat
meningkatkan hasil belajara materi operasi pecahan siswa SMP Negeri 1
Bambalamotu.
Kata kunci: Model PBL Strtegi Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Operasi Pecahan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123520
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item