PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBAGIAN PECAHAN DI KELAS V SDN 5 PALU

GUSTI AYU MADE NOVA ASTUTI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBAGIAN PECAHAN DI KELAS V SDN 5 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gusti Ayu Made Nova Astuti. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pembagian Pecahan di Kelas V SDN 5 Palu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dra. Hj. Akina, M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembagian pecahan di kelas V A SDN 5 Palu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A SDN 5 Palu tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 24 siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang dilengkapi dengan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data kualitatif dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data kuantitatif dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas V A SDN 5 Palu pada materi pembagian pecahan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siklus I diperoleh sebesar 62,5%, dan siklus II diperoleh hasil belajar sebesar 83,33%. Hasil analisis lembar observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus 1 berada pada kategori cukup. Pada siklus 2, lembar observasi aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan karena lembar observasi aktivitas guru berada pada kategori sangat baik dan lembar observasi aktivitas siswa berada pada kategori baik, sehingga sudah mencapai indikator keberhasilan tindakan yang ditetapkan.
Kata kunci: Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Pembagian Pecahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123531
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item