Penerapan Model Pembelajaran Perseorangan Dan Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 3 Kasimbar Pada Materi Keliling Dan Luas Daerah Lingkaran

FRISCHA HUSEN (2021) Penerapan Model Pembelajaran Perseorangan Dan Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 3 Kasimbar Pada Materi Keliling Dan Luas Daerah Lingkaran. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Frischa Husen. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Perseorangan dan Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 3 Kasimbar pada Materi Keliling dan Luas Daerah Lingkaran. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Maxinus Jaeng (II) Ibnu Hadjar

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan Model Pembelajaran Perseorangan dan Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 3 Kasimbar Pada Materi Keliling dan Luas Daerah Lingkaran yang berlangsung dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Perseorangan dan Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 3 Kasimbar Pada Materi Keliling dan Luas Daerah Lingkaran melalui 5 fase yaitu : 1) fase pembukaan/ pengantar, peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa untuk bersemangat dan terlibat aktif dalam pembelajaran,membentuk kelompok kecil, menyampaikan materi prasyarat serta membagi berkas LKS-P dan LKS-K. 2) fase informasi, demonstrasi dan aktifitas perseorangan, peneliti mempresentasikan materi pembelajaran kemudian meminta siswa mengerjakan LKS-P, 3) fase informasi dan aktifitas kelompok, siswa diminta untuk mengerjakan LKS-K dan berdiskusi bersama teman kelompoknya untuk memperoleh jawaban yang tepat. Kegiatan diskusi yang berlangsung dikontrol dan diberikan bantuan yang terbatas bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam kelompoknya, 4) fase kuis evaluasi, peneliti memberikan tes individu (tes akhir) kepada siswa, 5) fase penutup, peneliti mengumpulkan berkas LKS dan LKP yang sudah dikerjakan.

Kata Kunci : Model PPKK, hasil belajar, keliling, luas daerah, lingkaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123538
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item