PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 MOUTONG

WIWIN RAHMADHANI (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 MOUTONG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wiwin Rahmadhani, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Larutan elektrolit dan Non Elektrolit Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Moutong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Suherman.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X MIPA SMAN 1 Moutong melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 Moutong berjumlah 36 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum melakukan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit diperoleh persentase minat belajar siswa sebesar 27,78% atau masuk dalam kategori rendah. Hasil observasi guru diperoleh persentase pertemuan 1 sebesar 84,61?n persentase pertemuan 2 sebesar 86,53%. Hasil observasi siswa diperoleh rata-rata pertemuan 1 sebesar 83,12?n rata-rata pertemuan 2 sebesar 86,45%. Kemudian setelah melakukan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit minat belajar siswa mengalami peningkatan, dengan persentase minat belajar siswa sebesar 77,78% atau masuk dalam kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X MIPA SMAN 1 Moutong.

Kata kunci : Minat Belajar, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123545
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item