Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Dan Tabel Periodik Unsur Di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Palu

RISKA AMANDA (2020) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Dan Tabel Periodik Unsur Di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom dan Tabel Periodik Unsur di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah pre-experiment dengan desain penelitian yaitu one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berturut-turut adalah 26,69 dan 27 sedangkan nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berturut-turut adalah 69,68 dan 75,67. Berdasarkan perhitungan uji N-Gain diperoleh rata-rata nilai N-gain kelas eksperimen 1 sebesar 0,59 dan kelas eksperimen 2 sebesar 0,66 masing-masing dalam kategori sedang. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Struktur atom dan tabel periodik unsur di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Palu.
Kata Kunci: Problem based learning, hasil belajar, struktur atom dan tabel periodik unsur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123548
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item