PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD INPRES PERUMNAS

SAMSU ALAM (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD INPRES PERUMNAS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Samsu Alam. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Bangun Ruang
Pada Siswa Kelas V SD Inpres Perumnas. Program Studi Pendidikan Magister
Matematika, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Sukayasa (Pembimbing I) dan
Nurhayadi (Pembimbing 2) .
Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
matematika materi volume bangun ruang pada siswa kelas V SD Inpres Perumnas melalui
model pembelajaran based learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres
Perumnas Kecamatan Palu Barat Kota Palu, dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, tes soal Volume Bangun Ruang, dan
dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan
kualitatif. keberhasilan penelitian ini ditentukan oleh Kriteria Ketuntasan Minimum
(KKM) yaitu 75 dan secara klasikal 80% siswa mencapai KKM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa,
yaitu pada siklus I aktivitas siswa mencapai nilai 48 dan mengalami peningkatan pada
siklus II dengan nilai 59. Terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I diperoleh nilai
rata-rata 68,05 dengan ketuntasan belajar 45%. Hal ini juga dapat dilihat pada aktivitas
siswa yaitu pada siklus I berada pada kategori baik dan siklus II berkategori sangat baik,
sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan dapat dilihat
pada hasil belajar siswa pada setiap siklus yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup
dan siklus II berada pada kategori baik. Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 81, 3 dengan
ketuntasan belajar 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil
belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Perumnas.

Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Matematika, Aktivitas, hasil
belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123549
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item