PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII F SMP NEGERI 4 SIGI

IRWAN NUR RIZKY (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII F SMP NEGERI 4 SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Irwan Nur Rizky. 2019. Penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel di Kelas VII F SMP Negeri 4 Sigi. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Abdul Hamid (II) Muh.Rizal.
Tujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 4 Sigi pada materi persamaan linear satu variabel. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas yakni 17 siswa dengan persentase ketuntasan 62,96?n pada siklus II banyak siswa yang tuntas yakni 20 siswa dengan persentase ketuntasan 76,92%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori sangat baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Subjek penelitian ini sebanyak 27 siswa dan dipilih tiga sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 4Sigi pada materi persamaan linear satu variabel, dengan lima komponen yaitu: 1) Menyajikan Informasi, 2) Mengorganisir Siswa ke dalam Kelompok-kelompok Belajar, 3) Membimbing Kelompok, 4) Evaluasi, 5) Pemberian Penghargaan

Kata kunci: Model pembelajaran Problem Posing; Hasil Belajar; Persamaan Linear Satu Variabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123551
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item