Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Inpres 12 Baiya

ANSAR (2023) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Inpres 12 Baiya. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil pengamatan peneliti diketahui bahwa hasil belajar siswa khususnya
pada pelajaran IPA masih sangat kurang hal ini disebabkan karena beberapa faktor
diantarannya adalah guru masih menggunakan metode ceramah didalam kelas,
media yang digunakan saat proses pembelajaran hanyalah buku siswa, dan rasa
keiingin tahuan siswa masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dikelas IV SD Inpres 12
Baiya dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL)
Berbantuan Media Audio Visual. Model Project Based Learning (PJBL) ini
terdiri dari enam langkah yaitu, 1). Penentuan proyek, 2) menyusun perencanaan
proyek, 3) menyusun jadwal proyek, 4) memonitoring pembuatan proyek, 5)
presentasi hasil proyek, 6) evalusi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian kemmis dan Mc.Taggar.
subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 12 Baiya yang berjumlah 21
orang. Analisis data terdiri dari analisis lembar observasi aktivitas guru, analisis
aktivitas siswa dan analisis data tes hasil belajar. Pelaksanaan tes awal diperoleh
ketuntasan belajar siswa sebesar 19,04%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan
belajar siswa sebesar 61,90?n pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa
sebesar 80,95%. Hasil aktivitas siswa siklus I dan II sebesar 73,68?n 84,21%.
Hasil aktivitas guru pada siklus I dan II sebesar 78,94?n 94,73%. Berdasarkan
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam Penerapan model pembelajaran
Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas IV SD Inpres 12
Baiya.
Kata Kunci : Model Project Based Learning (PjBL), Media Audio Visual, Hasil
Belajar, Mata Pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123554
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item