PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP SATAP NEGERI 19 SIGI PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN

LIAN SAFITRI (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP SATAP NEGERI 19 SIGI PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lian Safitri. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Himpunan. Program Studi
Pendidikan Matematika, Jurusan Ilmu Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing
Nurhayadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran
quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP SATAP
Negeri 19 Sigi pada materi Operasi Himpunan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart
yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VII A SMP SATAP Negeri 19 Sigi yang terdaftar pada tahun ajaran
2020/2021 yang berjumlah 20 siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Penelitian
ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil tes akhir tindakan diperoleh
presentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I adalah 60 %, dan presentase
ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus II adalah 85%. Untuk hasil observasi
aktivitas guru dan siswa pada siklus satu berada pada kategori baik dan pada siklus II
berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi operasi himpunan dengan mengikuti tahapan model quantum
teaching sebagai berikut: (1) tumbuhkan, (2) alami, (3) namai, (4) demonstrasi, (5)
ulangi, (6) rayakan. Pada langkah 1 peneliti memberikan motivasi kepada siswa; pada
langkah 2 siswa melakukan proses mengalami dalam menemukan konsep materi
melalui diskusi kelompok; pada langkah 3 peneliti bersama siswa memberikan nama
pada konsep yang telah ditemukan pada fase alami dan peneliti menjelaskan konsep
tersebut; pada langkah 4 peneliti memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menyajikan hasil kerja kelompok di papan tulis; pada langkah 5 siswa memberikan
kesimpulan tentang konsep Operasi Himpunan yang telah diperoleh saat
pembelajaran; dan pada langkah 6 peneliti memberikan penghargaan berupa hadiah
kepada setiap kelompok.

Kata kunci: Quantum teaching, hasil belajar Operasi Himpunan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123566
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item