Penerapan Model Pembelajaran Scramble Dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas III SDIT Bina Anak Bangsa

NUR KOMARIA (2020) Penerapan Model Pembelajaran Scramble Dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas III SDIT Bina Anak Bangsa. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nur Komaria, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Scramble dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas III SDIT Bina Anak Bangsa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Saharudin Barasandji.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Scramble di SDIT Bina Anak Bangsa. Bentuk penelitian ini adalah PTK. Rencana penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus, yang terdiri dari : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDIT Bina Anak Bangsa yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada tes evaluasi yang diberikan pada siklus I dimana diperoleh daya serap klasikal sebesar 73,01 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 68,19?n pada siklus II diperoleh daya serap klasikal sebesar 84,65 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 90,91%. Berdasarkan indikator kinerja penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Scramble , Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123571
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item