ARIATY (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS III SD INPRES 5 TAIPALAGA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Ariaty (2014). Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Pada Pelajaran IPS Kelas III SD Inpres 5 Taipalaga. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Huber
Yaspin Tandi, Pembimbing (II) Rizal.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
mengunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.taggart yang terdiri dari dua
siklus. Dimana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan
setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar peserta didik.
Upaya pemecahan masalah yang digunakan dengan menerapkan model
pembelajaran STAD. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar
IPS pada peserta didik kelas III SD Inpres 5 Taipalaga yang berjumlah 30 siswa
dengan 13 laki-laki dan 17 perempuan. Data yang dikumpulkan melalui lembar
observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. tingkat ketuntasan
belajar belajar klasikal(KBK) peserta didik di siklus I adalah 60?n siklus II
adalah 86,67%. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus I adalah 63,67 dan siklus II
sebesar 77. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPS Kelas III SD Inpres 5 Taipalaga.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran STAD
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123573 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |