PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBdP SISWA KELAS V SD INPRES 15 WARA

M.RIZAL PRADANA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBdP SISWA KELAS V SD INPRES 15 WARA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
M. Rizal Pradana, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament
(TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBdP Siswa Kelas V SD Inpres 15
Wara. Skripsi, Program Studi PGSD FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing
Yun Ratna Lagandesa.
Kata Kunci : Team Games Tournament, Hasil Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Seni budaya dan prakarya (SBdP) melalui Penerapan Model
Pembelajaran Team Games Tournament Di SD Inpres 15 Wara. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode deskriptif dengan tehnik pengambilan data
menggunakan lembar tes hasil belajar yang terdiri dari siklus 1 dan siklus 2. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa
kelas V SD Inpres 15 Wara yang berjumlah 12 orang terdiri dari 6 laki-laki dan 6
perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang tuntas pada
siklus I sebanyak 11 orang sedangkan pada siklus II sebanyak 12 orang. Daya serap
klasikal pada siklus I yaitu 71,7% sedangkan pada siklus II yaitu 79,2%. Ketuntasan
belajar klasikal pada siklus I yaitu 91,74?n siklus II yaitu 100,0%. Peningkatan
hasil belajar siswa setelah pelaksanaan tindakan siklus I termasuk kategori sedang
dengan persentase sebesar 50,36?n setelah pelaksanaan tindakan siklus II,
termasuk kategori sangat tinggi dengan persentase peningkatan sebesar 64,2?rada
dalam kategori tinggi. Hasil observasi aktifitas guru pada siklus I diperoleh nilai
88,81% termasuk kategori sangat baik, aktivitas siswa adalah 88,09%, kategori sangat
baik. Hasil observasi aktifitas guru siklus II adalah 96,62%, kategori sangat baik,
aktivitas siswa pada siklus II adalah 96,97%, kategori sangat baik. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament
(TGT) dapat Meningkatkan hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan
Prakarya (SBdP) siswa SD Inpres 15 Wara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123578
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item