PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VII SMP SATU ATAP NEGERI 1 PARIGI BARAT KABUPATEN PARIGI MOUTONG

CICIPTA PUSPA DWI KAY (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VII SMP SATU ATAP NEGERI 1 PARIGI BARAT KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Cicipta Puspa Dewi Kay,A32117083,2023.“Penerapan Model Pembelajaran Tipe
Think Talk Write untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam
Pembelajaran PPKn di Kelas VII SMP Satu Atap Negeri 1 Parigi Barat Kabupaten
Parigi Moutong”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Imran.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan
menerapkan model pembelajaran tipe think talk write untuk meningkatkan
aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di Kelas VII SMP Satu Atap
Negeri 1 Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong. Jenis Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II Siklus. Rancangan penelitian
mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yaitu: 1) Tahap perencanaan, 2)
pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Subyek penelitian berjumlah 25
siswa Kelas VII SMP Satu Atap Negeri 1 Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu meningkatnya
aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II yaitu aktivitas guru diperoleh dari 47,5%
meningkat menjadi 77,5?n masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan
lembar observasi aktivitas siswa pada tindakan siklus I diperoleh persentase
aktivitas siswa yaitu siswa yang terlihat aktif belajar 42% mengajukan pertanyaan
39%, menjawab pertanyaan 34%, saling berinteraksi 38% menjawab pertanyaan
dan masuk dalam kategori cukup. Kemudian aktivitas belajar siswa ditingkatkan
dan diperbaiki kembali pada tindakan siklus II dengan persentase 68% siswa yang
terlihat aktif belajar , 57% mengajukan pertanyaan, 58% menjawab pertanyaan,
57% saling berinteraksi dan masuk dalam kategori baik. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe tipe think talk write dapat meningkatkan aktivitas belajar.
Kata kunci: Aktivitas Belajar, Think Talk Write (TTW), PPKn

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123584
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item