Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Palu

JUWITA (2020) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Juwita (2020) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Charles Kapile.

Permasalahan hasil penelitian ini yakni: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Palu ?, dan 2) Bagaimana minat belajar siswa di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Palu ?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Palu dan 2) Menjelaskan minat belajar siswa di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Palu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Palu, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen yang terdiri atas: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verikasi (consclusion drawing/verification). Berdasarkan data yang terkumpul, pengolahan dan analisis, maka hasil dan pembahasan penelitian ini dijelaskan: 1) Tahapan dalam penerapan model pembelajaran (TSTS) yang diterapkan oleh guru sejarah di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Palu dalam meningkatkan minat belajar siswa terdiri atas: tahap persiapan, presentasi guru, kegitan kelompok, presentasi kelompok, evaluasi dan penghargaan, dan 2) Penggunaaan model (TSTS) dapat meningkatkan minat belajar siswa yang dibuktikan dengan capaian indikator minat yakni: adanya perasaan senang mencapai 85%, ketertarikan 90%, perhatian 90?n kesiapan siswa 96%. Selain itu juga dibuktikan secara kualitatif dimana minat belajar siswa meningkat dalam pembelajaran dengan kategori baik.

Kata kunci : Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray (TSTS) dan Minat Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123586
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item