PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 SINIU

TRI LISTIA (2021) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 SINIU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
TRI LISTIA, 2021 “Penerapan Model Problem Based Instruction Untuk
Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran PPKn di Kelas VIIIB SMP
Negeri 1 Siniu“ skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Anthonius
Palimbong.
Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan aktivitas siswa melalui penerapan
model Problem Based Instruction ( PBI) pada pembelajaran PPKn di kelas
VIIIB SMP Negeri 1 Siniu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan jumlah siswa 16 orang, setiap siklus
terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan
lembar observasi aktivitas siswa serta wawancara siklus I dan siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas
siswa pada pembelajaran PPKn melalui pendekatan model Problem Based
Instruction. Model Problem Based Instruction dikembangkan untuk membantu
siswa dapat menyusun pengetahuan mereka sendiri, memecahkan masalah,
mengembangkan inkuiri dan rasa percaya diri serta model Problem Based
Instruction juga suatu inovasi yang dilakukan agar pembelajaran lebih beervariasi,
menarik, dan bermakna sehingga model Problem Based Instruction dapat
meningkatkan aktivitas siswa pada setiap pertemuannya. Aktivitas siswa pada
siklus I pertemuan pertama mencapai persentase nilai rata-rata 58?n
pertemuan kedua dengan persentase nilai rata-rata mencapai 65,62?ngan
kategori Cukup. Kemudian kembali meningkat di siklus II pada pertemuan
pertama mencapai persentase nilai rata-rata 72,53?n meningkat pada
pertemuan kedua mencapai persentase nilai rata-rata 81,44?ngan kategori
Baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem
Based Instruction dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran PPKn di
SMP Negeri 1 Siniu.
Kata kunci: Model Problem Based Instruction, Aktivitas Belajar, Pendidikan
Pancasila Dan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123595
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item