CITRA DEWI (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP IPA TERPADU TYPE CONNECTED TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Citra Dewi, 2024. Penenerapan Model Problem BAsed Learning (PBL) Pada
Konsep Hidrostatika Dalam IPA Terpadu Type Connected Terhadap
Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Tesis. Program Studi
Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako.
Pembimbing Utama. Dr. H. Amiruddin Hatibe, M.Si, Pembimbing Anggota Dr. I
Komang Werdhiana, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan kemampuan berpikir
tingkat tinggi (HOTS) siswa pada konsep hidrostatika dalam IPA terpadu tipe
connected antara siswa yang menggunakan model pembelajaran problem-based
learning dan siswa yang tidak menggunakan model problem-based learning. Selain
itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menentukan efektifitas penerapan model
pembelajaran problem-based learning pada konsep hidrostatika dalam IPA terpadu
type connected terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Jenis penelitian
ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan desain eksperimen semu (quasi
eksperimental). Penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs Muhammadiyah Al-Haq
Palu. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang
menerapkan model problem-based learning dan kelas kontrol yang menggunakan
model discovery learning. Pengambilan data menggunakan tes instrument
keterampilan berpikir tingkat tiggi. Instrument penelitian berupa tes essai sebanyak
6 soal. Hasil analisis uji t pada posttest menunjukkan nilai t-hitung sebesar 1,352
dengan nilai signifikansi 0,183, dan uji N-Gain menghasilkan t-hitung sebesar
0,849 dengan nilai signifikansi 0,400. Nilai signifikansi yang lebih besar dari 0,05
menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan dalam rata-rata
keterampilan berpikir tingkat tinggi antara kedua kelompok. Meskipun demikian,
model PBL terbukti lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat
tinggi, dengan perolehan N-Gain sebesar 66% (kategori efektif) untuk kelas
eksperimen dibandingkan 63% (kategori cukup efektif) untuk kelas kontrol.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Tingkat
Tinggi (HOST), Siswa MTs.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123602 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |