DEWI NUR MUTMAINAH (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERMUTASI DAN KOMBINASI KELAS XI TKJA SMK NEGERI 5 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Dewi Nur Mutmainah. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita permutasi dan
kombinasi di Kelas XI TKJ A SMK Negeri 5 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Pembimbing (I) Abd.Hamid (II)
Nurhayadi
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan
model Problem Based Learnng (PBL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas
XI TKJ A SMK Negeri 5 Palu pada materi soal cerita permutasi dan kombinasi. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian
Kemmis dan Mc.Taggart.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa melalui penerapan model PBL yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa,
dengan mengikuti langkah-langkah, yaitu (1) orientasi siswa pada masalah, peneliti
menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada siswa berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari serta memberikan masalah seperti yang ditunjukan pada
LKPD, dan mengajak siswa terlibat dalam pemecahan masalah tersebut. (2)
mengorganisasikan siswa untuk belajar, peneliti membentuk siswa kedalam beberapa
kelompok belajar dan membantu siswa mengorganisasikan tugas belajar yang
berhubungan dengan masalah. (3) membantu penyelidikan individual maupun kelompok,
peneliti meminta siswa untuk memperhatikan dan mencari jawaban yang tepat untuk
masalah yang ada pada LKPD. (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, peneliti
meminta salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil pemecahan masalah pada LKPD
selanjutnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau mengomentari
hasil presentasi yang dibawakan oleh temannya dan (5) menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah, peneliti membantu menganalisis dan merefleksi kegiatan
yang telah dilalui. Dari hasil analisis tes akhir tindakan siklus I dan siklus II yang diikuti
oleh seluruh siswa kelas XI TKJ A yang berjumlah 20 siswa menunjukkan bahwa pada
siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal yaitu sebesar 60?n meningkat pada
siklus II menjadi 83,33%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar
dari siklus I ke siklus II yang telah berhasil mencapai persentase ketuntasan belajar
klasikal yang diharapkan yaitu 70%. Hasil observasi guru pada siklus I berkategori
sangat baik, dan hasil observasi siswa pada siklus I juga berada pada kategori baik, dan
pada siklus II Hasil Observasi guru juga berkategori sangat baik, dan hasil observasi
siswa juga berkategori sangat baik . Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan
pada aktivitas guru dan siswa dari siklus I ke siklus II yang telah berhasil mencapai
kategori yang diharapakan.
hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita permutasi dan kombinasi
di kelas XI TKJ A SMK Negeri 5 Palu.
Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL); hasil belajar; permutasi dan
kombinasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123611 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |