Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Melalui Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Di SD Negeri Lasoani

WAHYUNI (2025) Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Melalui Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Di SD Negeri Lasoani. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui
penerapan model Project Based Learning (PjBL) yang berorientasi pada kearifan
lokal dalam mata pelajaran seni rupa. Jenis penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan McTaggart. Subjek
penelitian terdiri dari 23 siswa kelas V di SD Negeri Lasoani, yang terdiri dari 13
siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Data dianalisis menggunakan lembar
observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi
kreativitas siswa. Hasil pra tindakan menunjukkan bahwa kreativitas siswa masih
tergolong rendah. Pada siklus I, tingkat kreativitas siswa mencapai 60,86%
(kategori kurang), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,60% (kategori
baik). Aktivitas siswa pada siklus I dan II masing-masing mencatat 52,17%
(kategori kurang) dan 86,95% (kategori baik). Aktivitas guru juga mengalami
peningkatan, dari 88,15% (kategori baik) pada siklus I menjadi 97,36% (kategori
amat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa
penerapan model Project Based Learning (PjBL) melalui kearifan lokal dapat
meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran seni rupa di SD Negeri
Lasoani.
Kata kunci: Project Based Learning (PjBL), kearifan lokal, kreativitas, siswa, seni
rupa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123617
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item