WAHYUNI (2025) Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Melalui Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Di SD Negeri Lasoani. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui 
penerapan model Project Based Learning (PjBL) yang berorientasi pada kearifan 
lokal dalam mata pelajaran seni rupa. Jenis penelitian yang digunakan adalah 
Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan McTaggart. Subjek 
penelitian terdiri dari 23 siswa kelas V di SD Negeri Lasoani, yang terdiri dari 13 
siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Data dianalisis menggunakan lembar 
observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi 
kreativitas siswa. Hasil pra tindakan menunjukkan bahwa kreativitas siswa masih 
tergolong rendah. Pada siklus I, tingkat kreativitas siswa mencapai 60,86% 
(kategori kurang), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,60% (kategori 
baik). Aktivitas siswa pada siklus I dan II masing-masing mencatat 52,17% 
(kategori kurang) dan 86,95% (kategori baik). Aktivitas guru juga mengalami 
peningkatan, dari 88,15% (kategori baik) pada siklus I menjadi 97,36% (kategori 
amat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa 
penerapan model Project Based Learning (PjBL) melalui kearifan lokal dapat 
meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran seni rupa di SD Negeri 
Lasoani.  
Kata kunci: Project Based Learning (PjBL), kearifan lokal, kreativitas, siswa, seni 
rupa
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123617 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

