YULIANINGSIH (2024) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN DRAMA PADA SISWA KELAS XI IPA-2 SMA NEGERI 8 PALU YULIA NINGSIH. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Yulianingsih, 2024. Penerapan Model Role Playing Dalam Pembelajaran Bermain
Drama Pada Siswa Kelas IPA-2 SMA Negeri 8 Palu. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr.
Agustan, S.Pd., M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini yaitu proses pembelajaran di kelas masih menggunakan
model ceramah yang berpusat pada guru. Dalam sistem penilaian hanya menekankan
pada aspek kognitif, seharusnya menerapkan ranah afektif, maupun psikomotor, guru
kurang menerapkan pembelajaran yang bervariasi, siswa cenderung mencatat kembali
materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga proses pembelajaran tidak adanya umpan
balik pada siswa menyebabkan siswa malas dalam belajar. rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah “Bagaimakah penerapan model role playing dalam pembelajaran
keterampilan bermain drama pada siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 8 Palu� Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menurut Arikunto
(2010:27) penelitian kuantitatif adalah penelitian yang banyak dituntut untuk
menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penampilan terhadap data, serta
penampilan dari hasil penelitian. Adapun pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan deskriptif persentase yang bertujuan untuk menggambarkan secara
sistematik, akurat fakta, dan karakteristik mengenai populasi atau bidang tertentu yang
akan diamati.. Hasil penelitian yaitu, 33 orang siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 8
Palu, sebanyak 28 siswa siswa tuntas dan 5 orang siswa tidak tuntas sesuai dengan
KKM, nilai rata-rata siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 8 Palu dalam bermain drama
yaitu 89 sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 8 Palu
sudah mampu menerapkan model role playing dalam pembelajaran keterampilan
bermain drama. Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu faktor guru,dan faktor siswa.
Kata kunci: Model, role playing, bermain drama
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123624 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |