Penerapan Nilai Agama Dan Moral Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelompok B TK GKST Imanuel Palu

MEYTI INDRIANI SUNDAPI (2021) Penerapan Nilai Agama Dan Moral Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelompok B TK GKST Imanuel Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Meyti Indriani Sundapi, 2020. Penerapan Nilai Agama dan Moral dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelompok B TK GKST Imanuel Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Dr. Nurhayati dan Pembimbing (II) Jane M. Monepa.
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh meetode demonstrasi terhadap nilai agama dan moral di kelompok B TK GKST Imanuel Palu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap nilai agama dan moral di kelompok B TK GKST Imanuel Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu mengamati secara langsung pengaruh metode demonstrasi terhadap nilai-nilai agama dan moral. Adapun subjek penelitian ini adalah anak kelompok B 2 (Ester) TK GKST Imanuel Palu yang berjumlah 15 anak terdiri dari 6 anak laiki-laki dan 9 anak perempuan terdaftar pada tahun 2019-2020. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh metode demonstrasi terhadap nilai-nilai agama dan moral. Pada minggu pertama hasil rekapitulasi nilai agama dan moral anak menunjukkan bahwa dari 15 anak di kelompok B 2 (Ester) TK GKST Imanuel Palu terdapat 11,13?lam kategori berkembang sangat baik (BSB), terdapat 42,22?lam kategori berkembang sesuai harapan (BSH), terdapat 57,78?lam ketegori mulai berkembang (MB), terdapat 17,78?lam kategori belum berkembang (BB). Hasil rekapitulasi pada minggu kedua nilai agama dan moral anak menunjukkan bahwa dari 15 anak di kelompok B 2 (Ester) TK GKST Imanuel Palu terdapat 66,67?lam kategori berkembang sangat baik (BSB), terdapat 77,77?lam kategori berkembang sesuai harapan (BSH), terdapat 68,69?lam ketegori mulai berkembang (MB), terdapat 20,07?lam kategori belum berkembang (BB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode demonstrasi terhadap nilai-nilai agama dan moral, hal ini dapat dilihat setelah dilakukannya penerapan nilai-nilai agama dan moral dengan metode demonstrasi seperti kemampuan anak berdoa Bapa Kami, kemampuan anak menyanyikan lagu Rohani dan aspek sopan santun. Maka dari itu penerapan nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini sangat cocok menggunakan metode demonstrasi agar anak dapat meningkatkan suatu proses pembelajaran.
Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Nilai Agama dan Moral.

ABSTRACT

Meyti Indriani Sundapi, 2020. Implementation of Religious and Moral Values Using the Demonstration Method in Group B Tk GKST Imanuel Palu. Skripsi. Early Childhood Teacher Education Study Program, Education Science Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University. Under the Supervisions of Nurhayati and Jane M. Monepa.

This research aims to find out the effect of the demonstration method on religious and moral values in group B TK GKST Imanuel Palu. It is a qualitative research type which to observe directly the effect of the demonstration method on religious and moral values. The research subject totaled 15 children consisted of 6 boys and 9 girls of group B 2 (Ester) TK GKST Imanuel Palu registered in the academic year of 2019-2020. Data were collected through observation, interviews, and documentation then analyzed qualitatively. The results in the first week were as follows: 11,13?tegorized very well developed, 42,22?tegorized developed as expected, 57,78?tegorized developing, and 17,78?tegorized undeveloped. The results in the second week were as follows: 66,67?tegorized very well developed, 77,77?tegorized developed as expected, 68,69?tegorized developing, and 20,07?tegorized undeveloped. Therefore, it can be concluded that there is an effect of the demonstration method on religious and moral values, such as the ability of children to pray the Our Father, to sing spiritual songs and the aspects of politeness. Thus, the implementation of religious and moral values in early childhood is very suitable to use demonstration method to improve the learning process of children.

Keywords: Demonstration Method, Religious and Moral Values.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123638
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item