PENERAPAN PENDEKATAN BELAJAR PEDAGOGIK KREATIF UNTUK MENGOPTIMALKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MAN INSAN CENDEKIA KOTA PALU

DIANA ANGRIANI KALENA (2024) PENERAPAN PENDEKATAN BELAJAR PEDAGOGIK KREATIF UNTUK MENGOPTIMALKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MAN INSAN CENDEKIA KOTA PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Diana Angriani Kalena 2024,Penerapan Pendekatan Pedagogik Kreatif untuk Mengoptimalkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di MAN Insan Cendekia Kota Palu,Tesis.Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,Fakultas Pascasarjana, Universitas ta
dulako.Pembimbing 1: Sunarto Amus, Pembimbing 2: Dhevy Puswiartika

Peran guru dalam memberikan pilihan kegiatan yang bervariasi, diharapkan tujuan minat belajar. rumusan masalah dari penelitian ini yang pertama Bagaimana gambaran minat belajar siswa sebelum penerapan pendekatan pedagogik kreatif di MAN Insan Cendekia Kota Palu, Bagaimana gambaran minat belajar siswa sesudah penerapan pendekatan pedagogik kreatif di MAN Insan Cendekia Kota Palu, Apakah penerapan pendekatan pedagogik kreatif efektif dalam mengoptimalkan minat belajar siswa di MAN Insan Cendekia Kota Palu. Tujuan penelitian ini yaitu Mendeskripsikan minat belajar siswa sebelum penerapan dan sesudah penerapan pendekatan pedagogik kreatif di MAN Insan Cendekia Kota Palu dan Menganalisis efektivitas penerapan pendekatan pedagogik kreatif dalam mengoptimalkan minat belajar siswa di MAN Insan Cendekia Kota Palu.. Metode penelitian adalah eksperimen karena penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan, dan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik total sampling ,karena ) jumlah populasi yang kurang dari 100, maka seluruh populasi akan dijadikan sampel penelitian. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA yang berjumlah 85 siswa .data yang dikumpulkan berupa rangkaian atau kumpulan angka-angka. Berdasarkan hasil hipotesis menunjukkan bahwa Sig.(2-tailed) < 0,05, yaitu 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima, karena Sig.(2-tailed) di bawah 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan belajar pedagogik kreatif terbukti sangat efektif mengoptimalkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di MAN Insan Cendekia Kota Palu.

Kata Kunci: Pendekatan Belajar, Pedagogik Kreatif, Minat Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan IPS
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123689
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item