PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR DI KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 3 SIGI

MOHAMMAD AZAN (2020) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR DI KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 3 SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Azan, Mohammad. 2019. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Sigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Abd. Hamid, (II) Marinus Barra Tandiayuk.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Sigi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Sigi yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Jumlah subjek penelitian ini adalah 28 siswa dan terpilih 3 siswa sebagai informan. Pada penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh bahwa dari hasil observasi guru dan siswa pada Siklus I pada kategori baik dengan persentase aktivitas guru 77,14?n aktivitas siswa 76,19% sedangkan hasil observasi guru dan siswa pada siklus II pada kategori sangat baik dengan persentase aktivitas guru 96,12?n aktivitas siswa 88,57%. Sedangkan Hasil tes akhir tindakan menunjukkan persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus 1 sebesar 73,91%, sedangkan pada siklus II sebesar 84%. Pada penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh bahwa hasil belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Sigi mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita sistem pertidaksamaan linear dua variabel di SMA Negeri 3 Sigi dengan melibatkan 7 komponen utama, yaitu: 1) constructivism (konstruktivisme), 2) inquiry (menemukan), 3) questioning (bertanya), 4) learning community (masyarakat belajar), 5) modelling (pemodelan), 6) reflection (refleksi), dan 7) authentic assesment (penilaian autentik).

Kata kunci : CTL, hasil belajar, sistem pertidaksamaan linear dua variabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123694
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item