PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD INPRES 1 TINOMBO

RUSNI (2024) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD INPRES 1 TINOMBO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Rusni, (2024). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS di SD Inpres
1 Tinombo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing.

Rendahnya hasil belajarnya siswa kelas V, Karena pembelajaran IPS, guru
cenderung menyampaikan materi, sementara siswa mendengarkan menerima
materi yang disampaikan. Dalam pembelajaran IPS, siswa seringkali terlihat
jenuh/bosan. Hal ini disebabkan siswa belum bisa melihat makna atau fungsi dari
materi yang sedang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari. Upaya yang bisa
dilakukan adalah penerapan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, guna
meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekaligus bisa membantu siswa melihat
manfaat materi yang dipelajari dengan menghubungkannya dengan dunia nyata
serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan pengalaman
belajarnya, salah satunya adalah penerapan CTL. Tujuan penelitian adalah untuk
meningkatkan hasil belajar IPS siswa, serta mengetahui kemampuan pengelolaan
guru dalam pembelajaran dengan penerapan CTL pada siswa kelas V SD Inpres 1
Tinombo. Penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian siswa kelas V SD Inpres 1 Tinombo berjumlah 24 siswa, terdiri dari 14
laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan CTL
dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada siklus I tindakan II persentase
aktivitas siswa sebesar 71,42% atau nilai rata-rata (NR) siklus I sebesar 62?ngan kriteria Cukup dan pada siklus II tindakan II persentase aktivitas siswa
sebesar 92,85?ngan nilai rata-rata (NR) sebesar 87?ngan kriteria baik.
Selanjutnya penerapan CTL juga dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa,
pada siklus II diperoleh persentase tes akhir KBK sebesar 87,5?n DSK sebesar
70,20?ngan 21 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang tidak tuntas. Kemampuan
pengelolaan guru dalam penerapan CTL pada siswa efektif, karena pada siklus II
diperoleh rata-rata kemampuan pengelolaan guru sebesar 90,5% sudah mencapai
kriteria sangat baik.


Kata Kunci: Penerapan Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar,
Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123695
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item