SURIANI (2024) Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Karangan Narasi Di Kelas IV SD Inpres 1 Lombok, Desa Lombok, Kecamatan Tinombo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Suriani. (2024). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan
Keterampilan Siswa Menulis Karangan Narasi di Kelas IV SD Inpres 1 Lombok
Desa Lombok Kecamatan Tinombo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako.
Kata Kunci : Kemampuan Menulis Karangan Narasi, Pendekatan
Konstruktivisme.
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
siswa kelas IV SD Inpres 1 Lombok pada mata pelajaran Bahasa Indonesia,
khususnya pada materi menulis karangan narasi. Salah satu faktor yang
menyebabkan hasil belajar siswa rendah adalah metode mengajar yang digunakan
selama ini cenderung membuat siswa pasif dan berpusat pada guru, serta guru
tidak menggunakan media pembelajaran saat memberikan materi tentang menulis
karangan narasi. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti
menggunakan pendekatan konstruktivisme pembelajaran berupa media gambar
seri yang terbagi menjadi 2 pemodelan dan media yaitu: 1) media yang tersusun
runtut, dan 2) media yang tersusun acak. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri
dari dua kali pertemuan. Dari hasil penelitian Siklus 1 dengan materi menulis
karangan narasi diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 32,5 ?ngan nilai
rata-rata 60,5 serta hasil observasi kegiatan guru 74,2 ?n hasil observasi
kegiatan siswa 69,5 % . Sementara hasil penelitian Siklus II dengan materi
menulis karangan narasi diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 72,5 ?ngan nilai rata-rata 70 serta hasil observasi kegiatan guru 87,33 ?n hasil
observasi kegiatan siswa 84,66 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
ada peningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui media gambar seri
pada siswa kelas IV SD Inpres 1 Lombok.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123704 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |