MUFIDA (2020) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR SUDUT KELAS VIIA SMP NEGERI 2 PARIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Mufida, 2019. Penerapan Pendekatan Saintifik intuk Meningkatkan Hasil Belajar
Peserta Didik pada Materi Hubungan antar Sudut Kelas VIIA SMP Negeri 2 Parigi,
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas
Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Marinus
Barra Tandiayuk (II) I Nyoman Murdiana.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan pendekatan
saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi hubungan antar
sudut kelas VIIA SMP Negeri 2 Parigi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart, yakni
perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta
didik kelas VIIA SMP Negeri 2 Parigi yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019.
Subyek penelitian ini sebanyak 26 orang dan dipilih 3 orang sebagai informan.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I banyaknya peserta didik
yang tuntas yakni 17 orang peserta didik dengan presentase ketuntasan adalah 65?n pada siklus II benyak peserta didik yang tuntas yakni 20 orang peserta didik
dengan presentase ketuntasan 76%. Hasil observasi guru dan peserta didik pada
siklus I berda pada ketegori baik sedangkan pada siklus II mengelami peningkatan
yaitu pada kategori sangat baik. Skripsi menunjukkan bahwa dengan penerapan
pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi
hubungan antar sudut kelas VII A SMP Negeri 2 Parigi, dengan 5 langkah yang ada
pada pendekatan saintifik : 1) Mengamati, pada tahap ini peserta didik mengamati
alat peraga atau media, atau fakta-fakta yang diberikan pada LKPD, 2) menanya,
pada tahap ini peserta didik mengajukan pertanyaan kepada guru apabila terdapat
kesulitan dalam mengerjakan LKPD, 3) menalar, pada tahap ini peserta didik
mengumpulkan berbagai informasi untuk memperoleh sebuah kesimpulan, 4)
mencoba, pada tahap ini peserta didik mengerjakan soal yang ada di LKPD sebagai
bahan latihan peserta didik yang dikerjakan berkelompok, 5) mengkomunikasikan,
pada tahap ini peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka ke
depan kelas.
Kata kunci : pendekatan saintifik, hasil belajar, hubungan antar sudut
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123725 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |