PENERAPAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

WINDA (2024) PENERAPAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan STEM terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran IPA di SMP Negri 1 Sigi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain penelitian One-Group Pretest-posttest Design. Teknik sampling yang yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan Sampel sebanyak 25 siswa kelas VIII B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa pengamatan secara langsung menggunakan lembar observasi psikomotorik. Nilai rata-rata pre-test sebesar 77,7 dan nilai rata-rata post-test yang diperoleh sebesar 86,1 atau dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uji paired simple test pada pretest dan posttest diperoleh siginfikansi atau Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan hasil kemampuan psikomotorik yang siginfikan. Kemudian selanjutnya Uji N-Gain, diperoleh nilai sebesar 0,37 dalam kategori sedang yang artinya terjadi peningkatan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEM terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123732
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item