SARIWIJAYA AZIS (2022) PENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEB DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana desain penerapan media
e-learning berbasis web dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada mata
pelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Negeri I Palu? 2). Bagaimana proses
pembelajaran media e-learning berbasis web di Madrasah Aliyah Negeri I Palu?
3). Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembelajaran media e-learning
berbasis web pada mata pelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Negeri I Palu?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain, proses dan faktor
pendukung dan penghambat media e-learning berbasis web dalam pembelajaran
sejarah di Madrasah Aliyah Negeri I Palu. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif menggunakan teknik reduksi data,
penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Penerapan e-learning berbasis web dalam proses pebelajaran sejarah adalah:
Untuk mendesain pembelajaran sejarah dengan menggunakan beberapa fitur-fitur
didalam media e-learning berbasis web seperti, CBT, forum madrasah, notifikasi,
zona otomatis, rekab absensi dan fitur tugas. Dalam proses pembelajaran sejarah
pertama adanya perencanaan, guru menyiapkan rencana pelaksanan pembelajaran
(RPP) daring terlebih dahulu, kemudian menyiapkan materi pembelajaran dalam
bentuk(PPT), serta pemberian tugas. Dalam pelaksanaannya, guru mengupload
materi dan menyampaikan poin penting, kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab,
dan pemberian tugas mandiri yang dikumpulkan sesuai deadline atau batas waktu
pengumpulan. Untuk mengevaluasi, guru melakukan penilaian berdasarkan nilai
kognitif, afektif, dan psikomotorik. Faktor pendukung dan penghambat media elearning berbasis web dengan kelebihannya sangat mudah mengakses materi
pembelajaran ataupun pemberian tugas, serta mendisiplinkan peserta didik karena
guru dapat memberikan deadline dalam pengerjaan tugas. Adapun faktor
penghambat yaitu tidak stabilnya jaringan dan pembagian kuota tidak merata
kepada peserta didik.
Kata Kunci: Media, E-Learning Berbasis Web, Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123739 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |