RISNAWATI (2025) Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal Di Kelas IV SD Negeri 5 Sindue. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Risnawati, 2024. Penerapan Projek Pengguatan Profil Pelajar Pancasia Tema
Kearifan Lokal di Kelas IV SD Negeri 5 Sindue. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. PembimbingDr. Andi Imrah Dewi, S.Pd. M.Sn
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan
projek penguatan profil pelajar pancasila tema kearifan lokal di SD Negeri 5
Sindue. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Subjek penelitian ini adalah wali kelas IV dan siswa kelas IV SD
Negeri 5 Sindue. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang
digunkan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian dan analisis terhadap data-
data penelitian menunjukan bahwa siswa dapat menghargai dan mencintai
kearifan lokal yang ada di daerahnya melalui penerapan projek penguata profi
pelajar pancasila di kelas IV SD Negeri 5 Sindue. Hal ini dapat dilihat dari hasil
observasi dan wawancara bagaimana guru dalam merencanakan, membimbing,
dan mengelola proyek P5 serta keterlibatan siswa mulai dari proses awal hingga
akhir proyek. Hal ini dikuatkan dengan perolehan prsentase rata-rata yang
berada pada angka 80,76%, atau kategori tinggi, menunjukan sikap siswa
menghargai dan mencintai kearifan lokal yanga ada di daerahnya.
Kata Kunci : Profil Pelajar pancasila, Kearifan Lokal
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123808 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |