RAHMADANI (2024) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PPKn DALAMMENGEMBANGKAN KETERAMPILAN 4C PADA SISWA DI SMP SATU ATAP MALANGGA KECAMATAN GALANG KABUPATEN TOLITOLI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahmadani, “Penerapan strategi pembelajaran guru PPKn dalam
mengembangkan keterampilan 4C pada siswa di SMP Negeri Satu Atap Malangga
Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli.†Skripsi Program Studi Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dibimbing oleh
Shofia Nurun Alanur S.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan
pembelajaran guru PPKn yang efektif untuk mengembangkan keterampilan 4C
pada siswa di SMP Negeri Satu Atap Malangga, (2) Untuk mendeskripsikan yang
dilakukan oleh guru PPKn untuk mendukung tumbuhnya keterampilan 4C pada
siswa di SMP Negeri Satu Atap Malangga, (3) Untuk mendeskripsikan kendala
dan solusi dalam penerapan strategi pembelajaran guru PPKn untuk
mengembangkan keterampilan 4C pada siswa di SMP Negeri Satu Atap
Malangga. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru melakukan perencanaan pembelajaran
dengan urutan identifikasi KD yang berbasis HOTS, analisis model pembelajaran
yang sesuai dengan karakteristik KD, integrasi model pembelajaran kedalam
pendekatan saintifik serta perangkat pembelaran seperti silabus san RPP. (2)
Mendukung tumbuhnya keterampilan Critical Thinking siswa, guru PPKn
mengajarkan HOTS secara spesifik dalam ranah pembelajaran, melaksanakan
tanya jawab dan diskusi. Mendukung tumbuhnya keterampilan Collaboration
siswa, guru PPKn mengajarkan siswa untuk bekerja dengan hormat dengan tim
berbeda, melatih dan mendorong siswa untuk menggambil tanggung jawab.
Mendukung tumbuhnya keterampilan Creative siswa, guru PPKn memberikan
pertanyaan dan mengajak siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
Mendukung tumbuhnya keterampilan Communication siswa, guru PPKn
mengajarkan siswa mengartikulasikan pikiran dan gagasan secara lisan dan
tulisan, mengajarkan siswa mendengar aktif dan efektif. (3) Kendala yang
dihadapi oleh guru PPKn dalam mengembangkan keterampilan 4C yaitu kondisi
fisik, kecemasan, perkembangan intelektual, siswa yang belum terbiasa dengan
tugas menganalisis video permasalahan yang diberikan oleh guru karena terbiasa
dengan pembelajaran yang monoton, motivasi siswa dalam belajar tidak menentu,
kerjasama siswa masih kurang ditandai dengan tugas kerja kelompok tidak semua
siswa berkontribusi, lingkungan kelas yang biasanya kurang kondusif serta siswa
yang masih biasa menggunakan bahasa yang tidak baku dan bahasa daerah.
Kata Kunci: Keterampilan 4C, Guru PPKn, Strategi Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123900 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |